
Insights
We combine rigorous research and analytics, expert advisory services, and powerful Databoks visualization tools to help businesses, policymakers, and institutions navigate complex challenges.

East Ventures – Digital Competitiveness Index 2025
East Ventures – Digital Competitiveness Index (EV-DCI) 2025 kembali dirilis oleh East Ventures bersama Katadata Insight Center (KIC) dengan mengusung tema “Mendorong Inovasi dan Kecerdasan Buatan untuk Meningkatkan Daya Saing Digital Indonesia.”
Laporan tahunan ini menyajikan pemetaan daya saing digital di 38 provinsi dan 157 kota/kabupaten di Indonesia, dan merupakan edisi kelima sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2020. Laporan EV-DCI 2025 menghadirkan data dan wawasan terkini yang penting dalam membentuk arah perkembangan ekosistem digital nasional, sekaligus menyoroti berbagai inovasi yang mendorong transformasi digital yang bermakna. Dari tahun ke tahun, indeks ini menunjukkan tren positif, dengan skor nasional EV-DCI 2025 mencapai 38,8, meningkat dari skor 38,1 (2024), 37,8 (2023), dan 35,2 (2022). Peningkatan ini mencerminkan kemajuan signifikan dalam berbagai aspek digital, terutama pada persentase tenaga kerja yang menggunakan internet serta perluasan akses jaringan 3G dan 4G ke wilayah pedesaan. Selain itu, laporan ini juga mencatat bahwa kesenjangan digital antar daerah terus menyempit, menandakan kemajuan menuju pemerataan akses dan daya saing digital di seluruh wilayah Indonesia.
Mendorong inovasi dan kecerdasan buatan untuk meningkatkan daya saing digital Indonesia

Kedaulatan AI untuk Memberdayakan Indonesia
Perkembangan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) diperkirakan akan menjadi salah satu game-changer dalam bisnis berbasis teknologi. Dengan meningkatkan efisiensi dan optimalisasi pengambilan keputusan berbasis kemampuan pengolahan data, penggunaan AI akan menjadi akselerator pertumbuhan bisnis dan ekonomi digital.
Dengan meningkatnya peran dan awareness AI dalam dinamika global, Indonesia juga harus ikut memanfaatkan momentum yang ada untuk mengambil langkah-langkah strategis untuk memajukan perkembangan AI-nya.
Report AI 2024 “Kedaulatan AI untuk Memberdayakan Indonesia” ini akan melihat bagaimana penggunaan AI dapat mempengaruhi landscape serta mengakselerasi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Secara umum, laporan ini akan meriset tiga poin utama:
- Menguraikan penerapan AI dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari masyarakat hingga bisnis, sebagai panduan adaptasi teknologi.
- Mengidentifikasi potensi AI untuk menciptakan peluang bisnis baru dan memperluas lapangan kerja.
- Menganalisis pemahaman dan persepsi publik tentang AI serta perannya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi.
Pemanfaatan dan Perkembangan Teknologi AI di Masyarakat Indonesia

Survey Report: Consumer Behaviour on Live Shopping
Kegiatan live shopping atau berbelanja online secara langsung menjadi tren yang semakin digemari. Berbagai platform media sosial hingga marketplace berlomba-lomba menyediakan fitur live streaming yang memungkinkan penjual memasarkan produk secara langsung sambil berinteraksi dengan pembeli.
Dalam survei yang dilakukan Katadata Insight Center (KIC) bertajuk Consumer Behavior on Live Shopping terungkap, promo yang menarik merupakan faktor pemikat bagi masyarakat untuk membuka live shopping. Dalam hasil survei juga terungkap, kemudahan melihat penjelasan produk secara langsung menjadi alasan konsumen merasa nyaman belanja produk-produk lokal. Tren ini tentunya membuka peluang besar bagi brand lokal untuk menjual produk mereka.
Survei dilakukan pada 5-18 November 2024 terhadap 1.381 responden berusia 18-44 tahun yang pernah belanja secara live shopping dalam satu tahun terakhir mencakup wilayah Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Balikpapan, Denpasar, dan Makassar.
-

Laporan Perilaku Pengguna Paylater Indonesia 2024
Laporan Perilaku Pengguna Paylater Indonesia 2024 merupakan hasil kerja sama Kredivo bersama Katadata Insight Center (KIC).
Hasil riset ini diperoleh dari analisis terhadap transaksi online dan offline dari lebih dari 2 juta sampel pengguna Kredivo di 34 provinsi Indonesia pada 2023, serta dari hasil survei online terhadap hampir 7 ribu responden pada 10 Maret – 7 April 2024.
Kajian ini merupakan bagian dari upaya bersama untuk mendorong pertumbuhan dan inovasi di industri Paylater di Indonesia ke depan.
Tren dan Kebiasaan Pengguna Paylater 2024

East Ventures – Digital Competitiveness Index 2024
East Ventures bersama Katadata Insight Center (KIC) Indonesia kembali meluncurkan East Ventures – Digital Competitiveness Index (EV-DCI) 2024 dengan tema “Mewujudkan kedaulatan digital Indonesia”.
Laporan tahunan yang mengukur daya saing digital 38 provinsi dan 157 kota/kabupaten di Indonesia ini menjadi edisi kelima sejak pertama diluncurkan pada tahun 2020.
Selama lima tahun terakhir, daya saing digital di daerah-daerah di Indonesia masih terus menunjukkan tren positif. Namun, di tahun 2024, spread atau selisih skor antara provinsi tertinggi dan terendah semakin melebar akibat perbedaan laju pertumbuhan antar provinsi.
Mewujudkan kedaulatan digital Indonesia